Senin, 21 Juli 2008

Tangki bensin

Tangki bensin digunakan sebagai tempat bahan bakar sebelum dialirkan ke karburator oleh pompa bensin.konstruksi tangki bensin terbuat dari baja yang dilapisi oleh timah.Pada tutup tangki bensin terdapat lubang kecil sebagai saluran udara.fungsi udara pada tangki bensin adalah untuk memberikan tekanan sehingga bensin bisa mengalir ke pompa bensin.Kerusakan pada tangki bensin :
-Retak/bocor
Perbaikannya:dilas atau diganti baru.
-Tangki bensin kotor
Perbaikannya:dikuras

Pompa bensin

Pompa bensin gunanya untuk memompa bahan bakar dari tangki bensin ke karburator.Pompa bensin ada 2 jenis :pompa sistem mekanik & elektrik.
Gangguan pada pompa bensin:Pompa bensin tidak dapat memompa bahan bakar
akibatnya bensin tidak dapat masuk ke karburator dan mengakibatkan motor tidak dapat hidup karena tidak mendapat suplai bahan bakar.
Penyebabnya;-Tangki bensin kosong
-pipa bensin bocor
perbaikannya:ganti pipa bensin
-Packing pompa bensin bocor
perbaikannya:ganti packing pompa bensin
-Pipa bensin kotor
Perbaikannya:bersihkan pipa bensin
-membran sobek
Perbaikannya:ganti membran
-Pemasangan katup terbalik
Perbaikannya:posisi katup dibalik

Kamis, 17 Juli 2008

motor bensin @ belah mesin

Motor bensin adalah seperangkat mesin yang sistem kerjanya dengan menggunakan bahan bakar bensin.Motor bensin ada yang bekerja dengan sistem 2takt dan ada yang bekerja dengan sistem 4 takt.
Komponen-komponen pada motor bensin:
-Karburator
-Pompa bensin
-Saringan bensin
-Tangki bensin
-Pedal gas
-Sistem pengapian
Karburator berfungsi sebagai pengatur campuran udara dan bahan bakar yang akan dimasukkan ke ruang bakar
Gangguan-gangguan pada karburator:
-Bensin meluap,akibatnya terjadi ledakan-ledakan atau detonasi,motor susah hidup,motor tidak bisa stasioner.
penyebabnya:
-Jarum pelampung aus
perbaikannya:ganti jarum pelampung
-Rumah jarum pelampung aus
perbaikannya:ganti rumah jarum pelampung
-pelampung bocor
perbaikannya:ganti pelampung
-stelan pelampung terlalu tinggi
perbaikannya:stel ulang tinggi pelampung
-Campuran bensin terlalu kaya(Perbandingan bensin & udara terlalu banyak bensin dari yang seharusnya),akibatnya:Motor susah hidup,motor mudah panas dan mati mendadak.
Penyebabnya:-Lubang nozzle terlalu besar
Perbaikannya:ganti nozzle
-katup choke masih tertutup
Perbaikannya:buka katup choke
-saluran stasioner kotor/mampat
Perbaikannya:Bersihkan saluran stasioner
-Campuran bensin terlalu miskin(Perbandingan udara dan bensin lebih banyak udara),akibatnya:motor susah hidup
Penyebabnya:-Saluran pengabut tersumbat
Perbaikannya:Bersihkan saluran pengabut
-stelan pelampung terlalu rendah
Perbaikannya:stel pelampung
-karburator bocor
Perbaikannya:Perbaiki kebocoran karburator

Jumat, 11 Juli 2008

Poros Engkol

Poros engkol disebut juga sebagai roda gila.Karena gerakan piston yang naik turun pada saat mesin hidup roda gila berputar.Fungsi roda gila adalah mengubah gerakan piston yang naik turun menjadi putaran.Karena putaran roda gila itu digunakan untuk menggerakkan mobil,sepeda motor,dan berbagai macam peralatan lain yang membutuhkan mesin otomotif.Poros engkol juga berfungsi sebagai tempat batang piston,lahger krug as/poros engkol,rotor magnet,gigi timing pada motor 4 takt &tempat rotari valve pada motor 2 takt.

Kerusakan pada poros engkol/poros engkol:
-Poros engkol aus
akibatnya:suara mesin berisik dari arah krug as,mesin cepat panas
Perbaikannya:ganti krug as
-Pen krug as aus
akibatnya:suara motor berisik,mesin bisa macet.
Perbaikannya:ganti pen krug as
-Lahger krug as aus
akibatnya:suara mesin berisik,mesin macet
Perbaikannya:ganti lahger krug as
-Seal krug as aus/rusak
akibatnya:bocor kompresi ckarter
Perbaikannya:ganti seal krug as
Lubang spi generator aus
akibatnya:generator berputar tidak normal
Perbaikannya:lubang spi di las &di bubut.
-Drat ulir rotor rusak
akibatnya generator kendor,motor hidup tidak normal
Perbaikannya:perbaiki drat di tukang las/bubut

Rabu, 09 Juli 2008

Piston

Piston berfungsi untuk mengubah energi panas menjadi energi gerak.Piston terdiri dari:
-Kepala piston
-ring piston
-Pen piston
-batang piston
-Bantalan piston

Kerusakan-kerusakan pada piston:
-Piston aus
akibatnya:bocor kompresi
Perbaikannya:ganti piston
-Ring piston patah
akibatnya:bocor kompresi,mesin tidak bisa hidup,dinding silinder/piston rusak
Perbaikannya:ganti ring piston
-Dudukan pena piston aus
akibatnya:suara mesin berisik
Perbaikannya:Ganti piston
-Dudukan penahan pen piston aus
akibatnya:penahan piston lepas,pen piston bergerak ke kanan & kekiri,hal ini dapat merusak dinding silinder blok
Perbaikannya:ganti piston
-Bantalan piston aus
akibatnya:suara berisik,pisto bergerak tidak stabil,mesin macet.
Perbaikannya:ganti bantalan piston.

Silinder Blok

Silinder blok berfungsi sebagai ruang bakar & tempat bergerak piston dimana piston mengubah energi panas menjadi energi gerak.Pada mesin yang sistem pendinginannya tidak menggunakan radiator,pada silinder bloknya terdapat sirip-sirip pendingin.gunanya untuk menyebarkan panas dari dalam keluar,sehingga suhu mesin tidak cepat panas.

Kerusakan pada silinder Blok:
-Silinder blok aus
akibatnya:bocor kompresi
Perbaikannya:silinder blok di oversise,untuk over sise sudah ada standart ukurannya:0,25;0,50;0,75;dan 1mm.Bila ukuran oversise sudah mencapai 1mm maka silinder blok harus diverbus (diganti silindernya)
-Sirip pendingin banyak yang patah
akibatnya:mesin cepat panas
Perbaikannya:Ganti silinder blok.
-Ruang bakar banyak arangnya/kotor
akibatnya:mesin cepat panas & tenaga motor kurang
Perbaikannya:bersihkan ruang bakar
-Dinding silinder retak
akibatnya:bocor kompresi
Perbaikannya:ganti silinder blok.
-Packing silinder blok rusak
akibatnya:oli bocor & boros
Perbaikannya:ganti packing silinder blok.

Kepala Silinder

Kepala silinder berfungsi sebagai penutup silinder dan sebagai bagian dari ruang bakar.pada kepala silinder terdapat:
-saluran masuk campuran bahan bakar & udara/katup masuk
- saluran keluar sisa pembakaran/katup buang
-Lengan pengungkit & porosnya
-tempat busi(pada motor bensin)

Kerusakan-kerusakan pada kepala silinder:
-Permukaan kepala silinder tidak rata
Akibatnya:kompresi bocor
Perbaikan:-amplas permukaan silinder cop sampai rata
-ganti silinder cop
-Dudukan katup rusak
Akibatnya:kompresi bocor
Perbaikannya:-Skur klep/katup
-Ganti dudukan katup
-Baut & mur kendor
Akibatnya:bocor kompresi
Perbaikannya:-Kencangkan mur & baut
-Baut &mur kendor
Akibatnya:bocor kompresi
Perbaikannya:-Ganti mur &baut
-Silinder cop retak
Akibatnya:bocor kompresi
Perbaikannya:-Silinder cop di las
-Ganti silinder cop
_Lubang busi dol
Akibatnya:Bocor kompresi
Perbaikannya:Lubang busi diverbus
-Paking silinder cop rusak
Akibatnya:bocor kompresi
Perbaikannya:ganti packing silinder cop
-Ruang bakar kotor
Akibatnya:mesin cepat panas & suara kasar
Perbaikannya:Bersihkan ruang bakar
-Dudukan noken as aus
Akibatnya:Suara kasar dari silinder cop
Perbaikan:Silinder cop diverbus
-Dudukan as timlar aus
Akibatnya:suara kasar dari arah katup
Perbaikannya:Dudukan as diverbus

Selasa, 08 Juli 2008

Ciri-ciri motor 2 takt:
-Tidak ada katup
-Knalpot terletak pada silinder blok
-Berasap tebal
-Menggunakan oli samping
-Terdapat ruang Pembilasan
Ciri-ciri motor 4 takt:
-Menggunakan katup
-Knalpot terletak pada silinder cop
-Asap tipis
-Bahan bakar tidak bercampur oli
-Tidak terdapat ruang bilas
Baca:www.belahmesin.blogspot.com